Modul Ajar Klasifikasi Makhluk Hidup
KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
INFORMASI UMUM
A. IDENTITAS
MODUL
Penyusun : Wira Novelita, S.Pd
Satuan
Pendidikan : UPTD SMPN 1 Kec.Harau
Tahun : 2023
Jenjang
Sekolah : SMP (Fase D)
Kelas/
Semester : VII/ 2
Alokasi
Waktu : 18 JP (18 x 40
menit)
B.
KOMPETENSI AWAL
Peserta didik mampu melakukan
klasifikasi makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristiknya
C. PROFIL PELAJAR
PANCASILA
1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Bernalar kritis
3. Gotong
royong
D. SARANA DAN PRASARANA
Ø Buku Panduan
Guru, Buku Siswa, Internet, Laptop / HP
dan Literatur yang mendukung.
E. TARGET PESERTA
DIDIK
1. Peserta didik regular
2. Peserta didik dengan kesulitan
3. Peserta didik dengan pencapaian tinggi
F. MODEL PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN
Ø PBL,
Saintific
KOMPONEN INTI
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Konten
1. Makhluk Hidup Atau Benda Mati
1.
Membedakan
makhluk hidup dengan benda mati berdasarkan karakteristiknya
2.
Mengumpulkan
informasi tentang proses yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup yang
mebedakannya dengan benda mati
Konten 2. Mengapa Makhluk Hidup Dikelompokkan
1.
Menganalisis
teknik pengelompokan makhluk hidup
2.
Membuat
kunci klasifikasi untuk mengidentifikasi makhluk hidup di sekitar sekolah/rumah
Konten 3. Makhluk Hidup Beraneka Ragam
1.
Menganalisi
karakteristik khas setiap kerajaan makhluk hidup
2.
Menjelaskan
peranan makhluk hidup dalam kehidupan manusia
B. PEMAHAMAN
BERMAKNA
§ Ciri-ciri umum makhluk hidup yang membedakannya dengan benda-benda
tak hidup yang ada di lingkungan sekitar kita
§ Karakteristik makhluk hidup dan benda-benda tak hidup yang ada di
lingkungan sekitar serta bagaimana mengklasifikasinya
§ Pengelompokan makhluk hidup
dilakukan berdasarkan karakteristik tertentu yang dapat membedakan anggota satu
kelompok dengan kelompok lainnya
§ Karakteristik khas dari
Kingdom Monera, Protista, Fungi, Plantae dan animalia
C. PERTANYAAN
PEMANTIK
1. Bagaimana cara membedakan
atara makhluk hidup dengan benda mati?
2. Apakah ada benda-benda yang mempunyai ciri yang sama?
3. Apa alas an menggolongkan bahwa benda termasuk ke dalam makhluk
hidup atau benda mati?
4. Apa yang menjadi dasar pengelompokan?
5. Apakah tujuan ilmuwan mengelompokkan makhluk hidup?
6. Bagaimana teknik pengelompokan makhluk hidup yang beraneka ragam?
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 (3 JP) |
||
Pendahuluan
(10 Menit) |
||
|
1.
Guru membuka pembelajaran dengan menyapa
peserta didik dan mengucapkan salam 2.
Guru menyiapkan peserta
didik secara fisik
(mengecek kehadiran peserta
didik) dan meminta
peserta didik untuk
berdo’a. 3.
Mengaitkan
materi yang akan dipelajari dengan meminta peserta didik untuk mengmati
gambar yang terdapat pada cover buku siswa 4.
Menyampaikan
motivasi belajar tentang apa yang dapat di peroleh ( tujuan dan manfaat )
dengan mempelajari materi:” Makhluk Hidup atau Benda Mati”? 5.
Guru
mengajukan pertanyaan “Apa bedanya makhluk hidup dengan benda mati?” 6.
Menjelaskan
hal – hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta peralatan
yang akan digunakan. 7.
Peserta didik diminta
berpendapat tentang jumlah makhluk hidup yang ada di bumi. |
|
|
Asesmen Diagnostic Melakukan Asesement Non-Kognitif
berupa tanya jawab tentang pengalaman peserta didik saat belajar IPA di SD |
|
Kegiatan Inti (100 Menit) |
||
|
1.
Guru membagi siswa atas 6
kelompok yang heterogen 2.
Guru membagikan LKPD 5.1
(Kegiatan mengamati makhluk hidup dan benda tak hidup) 3.
Masing-masing siswa
berdiskusi dalam kelompok untuk menyelesaikan data dan membahas pertanyaan 4.
Guru meminta perwakilan
kelas untuk mengkomunikasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas, dan
peserta didik yang lain dapat memberikan tanggapan terhadap jawaban kelompok
yang sedang presentasi 5.
Guru memberikan umpan balik terhadap hasil
persentasi dari wakil kelompok siswa |
|
Penutup
(10 Menit) |
||
|
1.
Pemberikan
penguatan dan menyimpulkan materi tentang Makhluk
Hidup atau Benda Mati. 2.
Guru
melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan, seperti: § Adakah informasi baru yang
kalian dapatkan? § Menurut kalian, apa yang
membedakan makhluk hidup dengan benda mati? § Keterampilan social dan
spiritual apa saja yang telah kalian dapatkansetelah mempelajari Sub bab ini? 3.
Peserta
didik mengerjakan Uji Kemampuan (tes
formatif) 4.
Guru
menyampaikan kepada siswa untuk membawa 10 jenis daun tumbuhan yang berbeda untuk kegiatan
pembelajaran pertemuan berikutnya. |
|
Pertemuan 2
(2 JP) |
||
Pendahuluan (10 Menit) |
||
|
1.
Guru membuka pembelajaran dengan menyapa
peserta didik dan mengucapkan salam 2.
Guru menyiapkan peserta
didik secara fisik
(mengecek kehadiran peserta
didik) dan meminta
peserta didik untuk
berdo’a. 3.
Mengaitkan
materi yang akan dipelajari dengan materi materi sebelumnya 4. Menyampaikan motivasi
belajar tentang apa yang dapat di peroleh ( tujuan dan manfaat ) dengan
mempelajari materi:” Mengapa Makhluk Hidup Dikelompokkan”? 5. Guru mengajukan
pertanyaan “Apakah tujuan ilmuwan mengelompokkan makhluk hidup?” 6.
Menjelaskan
hal – hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta peralatan
yang akan digunakan. |
|
Kegiatan
Inti (100 Menit) |
||
|
1.
Guru membagi siswa atas 6
kelompok yang heterogen 2.
Guru membagikan LKPD 5.2
(Kegiatan mengelompokkan 10 jenis tumbuhan yang berbeda) 3.
Masing-masing kelompok
berdiskusi dalam kelompoknya untuk: §
Mengelompokkan daun kedalam 2 kelompok besar §
Mengelompokkan daun menjadi kelompok yang lebih
kecil berdasarkan karakteristik yang disepekati 4.
Guru meminta perwakilan
kelas untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas, dan
peserta didik yang lain dapat memberikan tanggapan terhadap jawaban kelompok
yang sedang presentasi § Guru memberikan umpan balik terhadap hasil
persentasi dari wakil kelompok siswa |
|
Penutup (10 Menit) |
||
|
1.
Pemberikan
penguatan dan menyimpulkan materi tentang Klasifikasi/ 2.
Guru
melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan, seperti: Adakah informasi baru yang
kalian dapatkan? § Menurut kalian, apa manfaat
makhluk hidup diklasifikasikan pada kelompok tertentu? § Keterampilan social dan
spiritual apa saja yang telah kalian dapatkansetelah mempelajari Sub bab ini? 3.
Guru
menyampaikan materi/kegiatan pembelajaran yang akan di pelajari untuk
pertemuan berikutnya tentang “Kunci Klasifikasi/Kunci Dikotom” |
|
Pertemuan 3 (3 JP) |
||
Pendahuluan (10 Menit) |
||
|
1.
Guru membuka pembelajaran dengan menyapa
peserta didik dan mengucapkan salam 2.
Guru menyiapkan peserta
didik secara fisik
(mengecek kehadiran peserta
didik) dan meminta
peserta didik untuk
berdo’a. 3.
Mengaitkan
materi yang akan dipelajari dengan materi sebelumnya. 4.
Menyampaikan
motivasi belajar tentang apa yang dapat di peroleh ( tujuan dan manfaat )
dengan mempelajari materi:” Kunci Klasifikasi/Kunci Dikotom 5.
Guru
mengajukan pertanyaan “Apakah tujuan ilmuwan mengelompokkan makhluk hidup?” 6.
Menjelaskan hal – hal yang akan
dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta peralatan yang akan
digunakan. |
|
Kegiatan
Inti (100 Menit) |
||
|
1.
Guru membagi siswa atas 6
kelompok yang heterogen 2.
Guru membagikan LKPD 5.3
(Aktifitas 5.2/ 5.3 yang pada buku siswa) 3.
Masing-masing kelompok berdiskusi
dalam kelompoknya untuk: §
Menentukan kelas dan karakteristik antara hewan 1
(ikan lele)dan Hewan 2 (orang utan) §
Menentukan karakteristik antara hewan 1 (burung
cenderawasih)dan Hewan 2 (sanca) dengan menggunakankunci determinasi Format
Tabel 4.
Guru meminta perwakilan
kelas untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas, dan
peserta didik yang lain dapat memberikan tanggapan terhadap jawaban kelompok
yang sedang presentasi 5.
Guru memberikan umpan balik terhadap hasil
persentasi dari wakil kelompok siswa |
|
Penutup (10 Menit) |
||
|
1.
Guru bersama siswa
menyimpulkan materi pelajaran 2.
Guru melakukan penilaian
dengan menyuruh siswa mengerjakan “Mari uji kemampuan kalian” pada Subbab C 3.
Guru bersama peserta
didik merefleksi PBM yang telah berlangsung dengan teknik 321, yaitu dengan
menggunakan kata-katasendiri, untuk menuliskan: Ø 3 hal yang mereka pelajari hari
ini. Ø 2 hal yang dianggap menarik. Ø 1 pertanyaan yang mereka miliki
tentang pembelajaran hari ini. 4.
Guru
menyampaikan materi/kegiatan pembelajaran yang akan di pelajari untuk pertemuan
berikutnya tentang “Urutan Takson Makhluk
Hidup” |
|
Pertemuan
4 (3JP) |
||
Pendahuluan (10 Menit) |
||
|
1.
Guru membuka pembelajaran dengan menyapa
peserta didik dan mengucapkan salam 2.
Guru menyiapkan peserta
didik secara fisik
(mengecek kehadiran peserta
didik) dan meminta
peserta didik untuk
berdo’a. 3.
Mengaitkan
materi yang akan dipelajari dengan materi sebelumnya. 4. Menyampaikan motivasi
belajar tentang apa yang dapat di peroleh ( tujuan dan manfaat ) dengan mempelajari
materi:” Kunci Klasifikasi/Kunci Dikotom 5. Guru mengajukan
pertanyaan “Ada berapa kerajaan makhluk hidup”? 6. Menjelaskan hal – hal
yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta peralatan yang akan
digunakan. |
|
Kegiatan
Inti (100 Menit) |
||
|
1.
Guru membagi siswa atas kelompok-kelompok
kecil 2.
Setiap anggota kelompok
kecil membaca dan berdiskusi dengan rekannya terkait dengan karakteristik
setiap kerajaan makhluk hidup 3.
Masing-masing kelompok kecil
berdiskusi dalam kelompoknya untuk menjawab pertanyaan berikut ini:: §
Bagaimanakah urutan takson pada klasifikasi makhluk
hidup? §
Bagaimana karakteristik khas dari setiap takson? 4.
Guru meminta perwakilan kelompok
untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas, dan peserta
didik yang lain dapat memberikan tanggapan terhadap jawaban kelompok yang
sedang presentasi 5.
Guru memberikan umpan balik terhadap hasil
persentasi dari wakil kelompok siswa |
|
Penutup (10 Menit) |
||
|
1. Guru
bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran 2.
Guru bersama peserta
didik merefleksi PBM yang telah berlangsung dengan teknik PNM (Plus, Negatif,
Menarik), yaitu dengan menuliskan: Ø 2 hal yang baru fipelajari
(Plus). Ø 2 hal yang belum dimengerti
(Negative) Ø 2 hal yang menarik yang
dilakukan pada hari ini. (Menarik) 3.
Guru menyampaikan
materi/kegiatan pembelajaran yang akan di pelajari untuk pertemuan berikutnya
tentang “Klasifikasi makhluk hidup lima
Kingdom” |
|
Pertemuan 5 (3JP) |
||
Pendahuluan (10 Menit) |
||
|
1. Guru
membuka pembelajaran dengan menyapa peserta didik dan mengucapkan salam 2. Guru menyiapkan peserta didik secara
fisik (mengecek kehadiran peserta didik) dan meminta peserta
didik untuk berdo’a. 3.
Mengaitkan
materi yang akan dipelajari dengan materi sebelumnya. 4. Menyampaikan motivasi
belajar tentang apa yang dapat di peroleh ( tujuan dan manfaat ) dengan
mempelajari materi “Klasifikasi makhluk hidup lima
Kingdom” 5. Guru mengajukan
pertanyaan “Ada berapa kerajaan makhluk hidup”? 6. Menjelaskan
hal – hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta peralatan
yang akan digunakan |
|
Kegiatan Inti (100
Menit) |
||
|
1.
Guru membagi siswa atas
kelompok-kelompok kecil 2.
Setiap anggota kelompok
kecil membaca dan berdiskusi dengan rekannya terkait dengan karakteristik
setiap kerajaan makhluk hidup 3.
Masing-masing kelompok
kecil berdiskusi dalam kelompoknya untuk menjawab pertanyaan berikut ini:: §
Bagaimana karakteristik khas dari setiap kerajaan
makhluk hidup? §
Apa peranan makhluk hidup dalam kehidupan manusia? 4.
Guru meminta perwakilan
kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas, dan
peserta didik yang lain dapat memberikan tanggapan terhadap jawaban kelompok
yang sedang presentasi 5.
Guru memberikan umpan balik terhadap hasil
persentasi dari wakil kelompok siswa |
|
Penutup (10 Menit) |
||
|
1. Guru
bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran 2. Guru
menyampaikan Rencana Penilaian Sumatif untuk pertemuan berikutnya (Asesmen
harian 1) agar peserta didik dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin |
|
E. ASESMEN
1. Asesmen
Diagnostik, dilakukan sebelum pembelajaran baik kognitif maupun non kognitif
2. Asesmen
Formatif, dilakukan selama proses pembelajaran
a. Penilaian Sikap Profil Pelajar
Pancasila
Ø
Observasi/pengamatan selama proses pembelajaran
Format Penilaian :
No |
Nama Peserta didik |
Beriman dan
bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa |
Gotong royong |
Bernalar kritis |
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
*centang (√) jika menunjukkan sikap yang diharapkan
b.
Penilaian
Tertulis
§ Pelajar
mengerjakan bagian “Mari Uji Kemampuan Kalian"
§ Kuis singkat
F.
PENGAYAAN DAN REMEDIAL
a. Pengayaan
Guru
melakukan kolaborasi dengan guru Bahasa Indonesia. Pelajar berimajinasi menjadi
seorang ilmuwan dan diminta untuk menuliskan biograi mengenai dirinya dan
penemuan apa yang dibuatnya. Pelajar dapat menggunakan kata-kata baru yang
ditemukan saat aktivitas pemantik membaca tentang cabang ilmu Sains agar
biografi yang dibuat lebih meyakinkan. Dengan aktivitas ini, selain melatih
kemampuan bahasa, pelajar juga dapat menilai positif diri sendiri dan
meningkatkan ketertarikannya terhadap dunia Sains sehingga diharapkan dapat
meningkatkan kepercayaan dirinya (elemen regulasi diri dalam dimensi mandiri
pada Profil Pelajar Pancasila)
b. Remedial
Ø Bimbingan
secara individu, dilakukan ketika pelajar memiliki kesulitan yang sangat
berbeda dibandingkan teman-temannya
Ø Bimbingan
secara berkelompok, dilakukan pada saat guru menemukan beberapa pelajar
memiliki kesulitan yang relatif sama.
Ø Pembelajaran
ulang, dilakukan ketika sebagian besar pelajar menunjukkan kesulitan dalam
memahami konsep yang dipelajari.
Ø Pemanfaatan
tutor sebaya, dilakukan dengan bantuan pelajar dengan kemampuan dan kecepatan
belajar yang lebih.
G.
REFLEKSI
Releksi
dilakukan disetiap akhir pembelajaran dengan melihat kembali
pertanyaan-pertanyaan yang telah dituliskankan di awal PBM dan membandingkannya
dengan akhir PBM
Mengetahui, Tanjung Pati, 2 Januari 2023
Kepala UPTD SMPN 1 Kec Harau Guru
Mata Pelajaran,
Hj. Osnely
Jasmi, M.Pd Wira Novelita, S.Pd
NIP 196710071990032004 NIP198411142008032002
L A M P I R A N
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIDIK 5.1
MENGAMATI MAKHLUK
HIDUP DAN BENDA TAK HIDUP
A.Tujuan
1.
Peserta didik dapat mengamati makhluk
hidup dan benda tak hidup
B.Teks bacaan
AYO
MEMBACA
Manusia, hewan dan tumbuhan
merupakan kelompok makhluk hidup, coba apa perbedaan makhluk hidup dan benda
tak hidup atau benda mati itu? Makhluk hidup dan benda tak hidup atau benda
mati dibedakan dengan adanya ciri-ciri kehidupan. Makhluk hidup menunjukkan
adanya ciri-ciri kehidupan antara lain memerlukan nutrisi, bergerak, bernapas,
tumbuh dan berkembang, berkembang biak, dan peka terhadap rangsang. Benda mati
seperti batu, air, dan udara tidak memiliki ciri-ciri tersebut. Untuk lebih
memahami tentang ciri-ciri kehidupan, lakukanlah kegiatan di bawah ini!
C.Alat dan Bahan
1. Hewan kecil (seperti ikan), batu, tanah, tas, kursi, meja dan
tumbuhan kecil
2. Alat tulis
D. Langkah kegiatan
1.
Amatilah makhluk
hidup dan benda tak hidup yang sudah kamu bawa!
2.
Tuliskan
ciri-ciri yang ada pada makhluk hidup dan makhluk tak hidup yang dapat kamu
amati1
3.
Tuangkan data
yang kamu peroleh ke dalam tabel di bawah ini!
Ciri-ciri benda |
Nama Benda |
|||||
Tas |
Kursi |
Ikan |
batu |
tanah |
tumbuhan |
|
Bergerak |
|
|
|
|
|
|
Tumbuh dan berkembang |
|
|
|
|
|
|
Bernafas |
|
|
|
|
|
|
Berkembang biak |
|
|
|
|
|
|
Memerlukan nutrisi |
|
|
|
|
|
|
Peka terhadap rangsangan (Iritabilita) |
|
|
|
|
|
|
Mengeluarkan zat sisa |
|
|
|
|
|
|
E.Pertanyaan
1.
Dari hasil
pengamatan Ananda, apakah ada benda-benda yang mempunyai ciri yang sama?
2.
Apakah perbedaan
ciri antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup?
3. Buatlah kesimpulan dari kegiatan yang telah Ananda lakukan
tersebut!
LEMBAR KERJA
PESERTA DIDIDIK 5.2 5.2
MENGELOMPOKKAN JENIS
TUMBUHAN
A.Tujuan
1. Peserta didik dapat mengelompokkan jenis tumbuhan yang berbeda
B.Teks bacaan
AYO
MEMBACA
Ilmu yang mempelajari klasifikasi
makhluk hidup disebut taksonomi. Taksonomi merupakan salah satu cabang biologi.
Orang pertama yang meletakan dasar-dasar taksonomi adalah Carolus Linnaeus
(1707-1778) seorang ahli pengetahuan alam dari swedia, maka ia di anggap
sebagai bapak taksonomi. Dia menyusun klasifikasi makhluk hidup berdasarkan
persamaan dan perbedaan struktur tubuh. Struktur tubuh mencakup bentuk dan
susunan tubuh makluk hidup.
Dalam klasifikasi makhluk hidup
dikenal adanya tingkatan takson/kelompok mulai dari kelompok besar (masih
banyak perbedaannya) ke kelompok kecil (banyak persamaan). Urutan ini
didasarkan atas persamaan ciri yang paling umum. Kelompok-kelompok tersebut
disusun berdasarkan persamaan dan perbedaan. Makin ke bawah persamaan yang
dimiliki anggota di dalam tingkatan klasifikasi tersebut makin banyak dan memiliki
perbedaan makin sedikit, kemudian makin ke bawah persamaan ciri makin khusus
serta perbedaan ciri makin kecil.
C.Alat dan Bahan
1. Beberapa daun tumbuhan berikut/ gambar dari tumbuhan berikut:
§
Bayam, kacang panjang,
kacang kedelai, padi,jagung, tebu, bunga melati, ubi rambat, kol, dan ubi kayu
2. Alat tulis
D. Langkah kegiatan
1.
Amatilah ke sepuluh dari daun tumbuhan/gambar tumbuhan yang
telah ananda persiapkant!
2.
Tuliskan ciri-ciri tulang daun dari
tanaman tersebut!
3. Kelompokkan tumbuhan tersebut berdasarkan persamaan dan perbedaan
ciri tulang daun yang dimiliki ke dalam 2 kelompok besar, (Untuk Tabel1)
4. Kelompokkan lagi 2 kelompok besar tersebut menjadi kelompok yang
lebih kecil berdasarkan karakteristik lain yang disepakati, misalnya berdasarkan
akar (serabut/tunggang), batang (bercabang/tidak bercabang, dll (Untuk Tabel 2)
5. Catat data yang diperoleh ke dalam tabel berikut!
Tabel 1. Dua kelompok besar
tumbuhan
No |
Dasar Pengelompokan |
|
Nama tumbuhan |
|
1 |
………………………….. |
1. …………………………….. |
………………………….. …………………………… ………………………….. …………………………. ………………………….. ………………………….. ………………………… |
|
2. …………………………….. |
.……………………….. …………………………. ………………………… |
|||
|
Tabel 2. Kelompok kecil
tumbuhan berdasarkan karakteristik yang disepekati
|
|
LEMBAR KERJA
PESERTA DIDIDIK 5.3
PENGELOMPOKAN JENIS HEWAN
A.Tujuan
1.
Peserta didik dapat mengelompokkan 2 jenis
hewan yang berbeda
B.Teks bacaan
AYO
MEMBACA
Sama halnya dengan pengklasifikasian tumbuhan, dalam
mengklasifikasikan hewan, para ahli juga mengklasifikasi dengan melihat
kriteria berikut ini.
a. Saluran pencernaan makanan. Hewan tingkat rendah belum punya
saluran pencernaan makanan. Hewan
tingkat tinggi mempunyai lubang mulut, saluran pencernaan, dan anus;
b. Kerangka (skeleton): apakah kerangka di luar tubuh
(eksoskeleton) atau di dalam tubuh (endoskeleton);
c. Anggota gerak: apakah berkaki dua, empat, atau tidak berkaki.
C.Alat dan Bahan
1. Siapkan gambar hewan: burung cendrawasih dan sanca
2. Alat tulis
D. Langkah kegiatan
1.
Amatilah gambar hewan tersebut dan
amati!
2. Gunakan kunci Determinasi Format Tabel (Pada BukuSIswa) untuk
mengidentifikasi hewan tersebut!
3. Isilah Tabel di bawah ini!
No |
Gambar Hewan |
Deskripsi Ciri-ciri |
Hasil Kuci Determinasi |
1 2 |
|
|
|
1.
Makhluk hidup berbeda dengan benda mati, karena makhluk hidup....
A. dapat berubah ukuran
B. memiliki gejala hidup
C. dapat bergerak
D. dapat berpindah tempat
2.
Peristiwa mekarnya kuncup bunga menunjukkan bahwa makhluk
hidup....
A. bergerak
B. bernapas
C. beradaptasi
D. bereproduksi
3. Perhatikan gambar berikut!
Gambar di atas menunjukkan salah
satu ciri makhluk hidup,yaitu....
A. tumbuh
B. bergerak
C. berkembang biak
D. memerlukan makanan
4.
Mobil tidak termasuk dalam kelompok makhluk hidup, karena mobil
tidak dapat...
A. bergerak
B. berkembang biak
C. membutuhkan bahan bakar
D. mengeluarkan zat sisa
5.
Pernyataan berikut ini yang bukan merupakan ciri makhluk hidup
adalah ....
A. dapat berbicara
B. berkembang biak
C. memerlukan oksigen
D. peka terhadap rangsang
6.
Tujuan dari klasifikasi makhluk hidup adalah....
A. mempermudah pengenalan makhluk hidup
B. memilih makhluk hidup yang dapat
dimakan
C. menentukan asal-usul makhluk
hidup
D. memberikan nama pada setiap
makhluk hidup
7.
Pemberian tata nama ganda diatur dalam Kode Internasional yang
disebut dengan ....
A. binomial nomenklatur
B. pengelompokan
C. kunci determinasi
D. klasifikasi
8.
Urutan takson yang paling tepat untuk tumbuhan adalah ....
A. divisi-kelas-familia-genus-spesies
B. divisi-familia-kelas-genus-spesies
C. filum-kelas-genus-spesies
D. filum-familia-kelas-genus-spesies
9.
Semakin dekat hubungan kekerabatan makhluk hidup, maka akan
semakin banyak....
A. perbedaan sifat
B. keragamannya
C. persamaan sifat
D. keunikannya
10.
Perhatikan kunci determinasi berikut!
1) a. Tumbuhan tidak mempunyai
batang sejati …………………. Lumut
b. Tumbuhan mempunyai batang sejati
...... 2
2) a. Tumbuhan sanggup menghasilkan
bunga .................................................. 3
b. Tumbuhan sanggup menghasilkan
organ yang berfungsi menyerupai bunga ........ 4
3) a. Tumbuhan mempunyai satu
keping forum ................ Monokotil.
b. Tumbuhan mempunyai dua keping
forum.............Dikotil
4) a.Daun menyerupai jarum dan
mempunyai alat reproduksi berupa runjung …………………………... Coniferae
b. Daun berbentuk oval dan buah
sanggup ....................... Gnetinae
Kunci determinasi untuk tanaman
ketela pohon (Manihot utilissima) yakni....
A. 1b-2a-3b
B. 1b-2a-3a
C. 1a-2b-4a
D. 1a-2b-4b
11.
Apa perbedaan antara kingdom monera
dengan kingdom yang lain...
A. belum mempunyai membran sel
B. sudah mempunyai membran sel
C. sudah mempunyai inti sel
D. belum mempunyai membran inti sel
12.
Eukariota adalah bakteri yang...
A. belum mempunyai membran sel
B. sudah mempunyai membran sel
C. sudah mempunyai inti sel
D. sudah mempunyai membran inti sel
13.
Syifa mengamati bentuk sel darah
merah menggunakan mikroskop. Langkah yang perlu Syifa lakukan setelah
meletakkan object glass di atas lubang meja mikroskop adalah ...
A. Mengatur diafragma.
B. Mengatur cermin.
C. Memutar micrometer.
D. Memutar makrometer.
14.
Pada saat menggunakan mikroskop,
setelah mendapatkan gambar yang diinginkan namun bayangannya belum jelas, dapat
diatasi dengan menggunakan ...
A. Micrometer.
B. Makrometer.
C. Diafragma.
D. Revolver.
15.
Di bawah ini yang bukan merupakan
ciri jamur adalah...
A. sel eukariotik
B. memiliki inti sel
C. tidak memiliki dinding sel
D. memiliki inti
16.
Agus menemukan tumbuhan dengan
ciri-ciri berikut ini: memiliki jaringan pengangkut (xylem dan floem). Memiliki
struktur akar, batang, daun yang dapat dibedakan dengan jelas. Tumbuhan yang
ditemukan Agus termasuk ke dalam tumbuhan ....
A. Dikotil
B. Monokotil
C. Berpembuluh
D. Tidak berpembuluh
17.
Perbedaan antar tumbuhan paku dan
lumut yaitu...
A. tumbuhan lumut memiliki rizoid, tumbuhan paku berupa akar
sejati.
B. tumbuhan paku tidak berkrolofil,tumbuhan lumut berkrolofil
C. tumbuhan paku berbiji, tumbuhan lumut berspora
D. habitat tumbuhan paku di darat, tumbuhan lumut adalah di air
18.
Perhatikan ciri-ciri tumbuhan
berikut!
1) Memiliki sorus
2) Gametofit lebih dominan
3) Memiliki protonema
4) Memiliki tulang daun sejajar
5) Tingkat sporofit lebih dominan dalam hidupnya.
6) Memiliki protalium
Berdasarkan data di atas, ciri tumbuhan paku yaitu nomor.....
A.4,5,dan 6
B. 1,2,dan 3
C. 2,3,dan 4
D. 1,5,dan 6
19.
Di bawah ini yang tidak termasuk
ciri-ciri Gymnospermae adalah.....
A. Jarang bereproduksi secara vegetative alami
B. Bakal bijinya tertutup oleh daun buah
C. Bereproduksi generative dengan
biji
D. Alat perkembangbiakannya berupa strobilus
20.
Ani menemukan tanaman dengan
ciri-ciri sebagai berikut:
1) Terjadi pembuahan ganda
2) Bakal biji terbungkus oleh daun buah
3) Berkeping biji
Berdasarkan ciri yang ditemukan Ani, dapatkah Ananda mengambil
kesimpulan termasuk ke dalam golongan tumbuhan apakah tanaman tersebut?
A. Tumbuhan Biji Terbuka
B. Tumbuhan Biji Tertutup
C. Tumbuhan Paku
D. Tumbuhan Lumut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar